Tuesday, April 28, 2015

Jurus Jitu Menyusun Karya Tulis Ilmiah

Seringkali sebagai mahasiswa kita kebingungan apabila tiba saatnya menyusun sebuah karya tulis ilmiah, bingung harus mulai dari mana tahapannya apakah judul terlebih dahulu ? apalah mencari masalah dulu ??? belum lagi arahan pembimbing yang kadang- kadang membuat kita bingung ? Bukan arahannya yang membingungkan akan tetapi kitalah yang kebingungan karena terlalu panik. STOP !!!! Dont Panic !!! Still Focus for Your Goal !!! Ok !!!
Nach...sebenarnya menentukan masalah atau judul untuk sebuah karya tulis ilmiah ataupun tesis kebidanan bukanlah perkara yang sulit, KALAU SAJA semua tahapan kuliah dijalani dengan baik, Yup that's right tahapan kuliah salah satunya adalah praktik lapangan kebidanan...disanalah kita bisa menemukan hal- hal/ masalah- masalah kesehatan yang menarik untuk diteliti.
1. Tentukan Sasaran (neonatus, bayi, anak, remaja, ibu hamil, bersalin, nifas, menyusui, masa interval, dan menopause)

2. Usahakan jangan membahas terlalu dalam mengenai penyakit ataupu hal- hal yang berhubungan dengan psikologis yang kita sendiri nantinya kebingungan untuk mencari tolak ukurnya

3. Masalah yang fenomenal sesuai sasaran atau kita mau ambil salah satu target MDG's (a. Menanggulangi Kemiskinan dan Kelaparan; b. Mencapai Pendidikan Dasar untuk semua; c. Mendorong Kesetaraan Gender, dan Pemberdayaan Perempuan; d.Menurunkan Angka Kematian Anak; e.Meningkatkan Kesehatan Ibu; f.Memerangi HIV/AIDs, Malaria dan Penyakit Menular Lainnya; g.Memastikan Kelestarian Lingkungan Hidup, dan h.Membangun Kemitraan Global untuk Pembangunan).

4. Set judul, usahakan ketika membuat judul kita bisa menggambarkan dan menceritakan kira- kira seperti apa penelitian kita, siapa populasi, sampel dan bagaimana kita menganalisanya)

5. Cari data dilapangan seputar masalah yang kita teliti, contoh  kita mau meneliti tentang BBLR, cara insidensi BBLR di Indonesia, di kota tempat kita meneliti atau dilokasi penelitian kita misal di RS atau klinik. Lalu berapa angka kematian yang diakibatkan BBLR berdasarkan tahun, apa penyebabnya. Kemudian siapa yang mau diteliti apakah ibunya atau bayinya secara langsung.

6. Lalu yang tak kalah penting adalah sumber- sumber yang up to date untuk mendukung penelitian kita tersebut.

7. Tanamkan keberanian untuk melakukan bimbingan/ konsultasi kepada dosen yang telah ditunjuk untuk membimbing. mereka bertugas membimbing apapun kondisinya apapun alasannya wajib bagi seorang mahasiswa yang sedang menyusun KTI/ tesis untuk melakukan bimbingan.

8. Ok jika masih bingung ??? Boleh sich garuk- garuk kepala, tapi jangan sampai ngejedutin kepala ke dinding yach...kalau masih bingung juga, ya itu wajarlah namanya juga masih belajar....udah belajar, udah konsultasi tapi masih aja keder dengan KTI/ Tesis silahkan hubungi kami via inbox fb kami https://www.facebook.com/ririn.deflina.39

9. Ok.....kami tunggu pesanannya, Inshaallah amanah









No comments:

Post a Comment